apa itu bahan tetoron Tlp / wa 082215449556

apa itu bahan tetoron

Sebagai bahan alternatif pembuatan batik kain tetoron baik untuk diangkat dan mengurangi kebutuhan mori (katun) yang mendominasi bahan pembuatan batik. Nama Tetoron sebetulnya adalah merek dagang yang populer di era tahun 70an bahkan hingga saat ini nama tersebut masih beredar meskipun sudah banyak merek lain yang sejenis mengikuti jejak dalam strategi dan peluang dagang. Pada awal pemunculan merek Tetoron bertujuan mengisi ceruk baru akibat kelemahan yang dimiliki kain katun yaitu mudah kusut dan kekuatan tarik seratnya relatif rendah dibandingkan serat sintetis. Sebaliknya kelemahan kain yang terbuat dari serat sintetis terutama tidak menyerap keringat sehingga terasa panas bagi pemakai karena tingkat panas tubuh yang bisa tersalurkan melalui bahan relatif rendah. Bahkan bagi kalangan tertentu yang sensitif ada kesan gatal akibat pemakaian bahan sintetis. Orang berupaya agar terjadi kondisi optimal. Maka berasumsi sebagai dasar terciptanya kain tetoron pada saat itu dengan mencoba melakukan pencampuran serat sebagai bahan baku benang (blended yarn) dan meminimalkan kelemahan-kelemahan yang ada. Kondisi optimal tercapai pada komposisi 65% poliester dan 35% katun.
harga spanduk digital printing

Meskipun  bagi pemula di bidang batik mungkin pada awalnya akan menemui sedikit kesulitan terutama dalam tahap pewarnaan jika berhubungan dengan kain jenis ini sampai ada pemahaman tentang karakternya. Hal yang berhubungan dengan strategi pasar seperti ini perlu dipandang sebagai hal yang positif saja, mengingat tingginya tingkat ketergantungan industri batik kita terhadap katun. Secara geografis, struktur tanah di Indonesia belum (atau tidak?) bisa menghasilkan kapas sebaik dan secepat di negara-negara pengekspor kapas seperti Cina. Kita perlu mengantisipasi dampak diwaktu yang akan datang ketika, sekali lagi, kios batik kita sudah bersebelahan dengan kios batik buatan negeri Cina di pasar bebas ini.
harga spanduk digital printing per meter
 Sebenarnya pada era tahun 70an juga sudah mulai dicoba membuat batik dari kain tetoron, dikenal waktu itu dengan sebutan batik Tetoron, meskipun dibuat dengan bahan sintetis merek lain yang sejenis.Pembuatan batik Tetoron terkendala pada pewarnaan dan pelorodan akibat tendensi pelekatan malam yang lebih lekat pada kain tetoron dibanding pada kain mori. Hal ini dapat diatasi dengan menambahkan soda abu pada air lorodan. Pada pewarnaan dengan zat warna batik yang dapat terikat pada bahan hanya pada komposisi 35% katun saja. Komponen serat sintetis tidak dapat diwarnai zat warna batik sebagus katun, sehingga untuk mendalami tingkat pewarnaan diupayakan dengan melakukan pencelupan ulang beberapa kali dengan zat warna naftol atau soga jawa. Hasil warna lebih dalam meskipun belum menyerupai batik dari bahan katun. Kendala pewarnaan ini diantaranya batik tetoron belum berkembang, Justru sebagian orang  cenderung pada pengembangan teknik lain untuk mengisi peluang ini dengan menghasilkan batik tetoron atau serat sintetsi lain secara printing. Masyarakat menyebut dengan batik imitasi atau batik kecewa.
harga spanduk flexi
bahan flexi korea Rp. 20.000 /m
bahan flexi china Rp. 50.000 / m

Namun kekecewaan itu sediit demi sedikit sirna setelah melihat kelanjutannya pada era perkembangan batik yang pesat pasca penetapan Unesco yang monumental saat ini, banyak beredar kain mori dengan komposisi tidak 100% katun. Tidak diketahui  pasti berapa komposisinya karena memang belum ada penelitian tentang kain ini. Banyak diminati pengrajin karena kalkulasinya lebih menguntungkan; selain harga lebih murah pemakaianpun lebih irit karena pengaruh berat kandungan poliester dibawah berat serat katun. Hasil produk batik dari kain ini tidak berbeda dibanding kain katun.
harga spanduk per meter

 cara  kita sudah jelas didalam  pengamanan pengadaan bahan baku industri tekstil umumnya  batik khususnya melalui pengrekayasaan proses dengan tujuan substitusi terhadap serat katun seoptimal mungkin dalam kandungan produk tekstil kita. Selama penelitian nasional tentang penanaman kapas berkualitas yang seharusnya sudah dari era tahun 70an dimotori pemerintah masih berjalan ditempat.
harga spanduk kain  menggunakan bahan tetoron
harga spanduk kain per meter
1 - 10 Rp. 15.000 / m 
harga baliho
bahan flexi china 280 gram Rp. 20.000 / m
harga spanduk ulang tahun  Rp. 250.000 / set

Back To Top